-->

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia - Tahukah Anda, pantai Klayar Pacitan menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Anda bisa menemukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alamiah sampai dengan tinggi 10 meter, dan bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera.

 

Secara administratif, pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari sentra kota Pacitan, pantai Klayar bisa ditempuh dengan jarak perjalanan sejauh 40 km pada arah barat Pacitan, menghabiskan waktu perjalanan selagi kurang lebih 1 jam.

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang menawan. Popularitasnya terbukti belum setenar Goa Gong di Pacitan alias Pantai Teleng Ria. Tetapi dengan cara umum, pantai ini telah dikenal di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang menarik.

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia


Pesona panorama pantai Klayar yang menawan ini merupakan suatu faktor yang layak Anda masukkan dalam agenda perjalanan Anda. Tetapi butuh diketahui bahwa jalan masuk menuju pantai ini terbilang tak lebih mudah. Jika Anda mengunjungi pantai Klayar Pacitan, Anda akan menjumpai sejumlah bagian jalan yang belum teraspal dengan cara utuh dan berbagai bagiannya yang rusak.

Selain itu, Anda juga wajib melalui jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun, suatu faktor yang menuntut Anda lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Tetapi setiba di pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah. - Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia

Persoalan infrastruktur wisata telah diantisipasi oleh pemerintah lokal dan dieksekusi dalam agenda pengembangan wisata Pacitan. Pembangunan pariwisata ini sungguh penting mengingat lalu lintas kunjungan para penikmat perjalanan ke pantai Klayar Pacitan memberikan tren yang meningkat dari waktu ke waktu.

Di hari-hari biasa, Anda mungkin hanya akan menjumpai kalangan nelayan lokal yang beraktivitas di pantai Pacitan yang satu ini. Tetapi di kala libur tiba, pantai Klayar merupakan salah satu yang favorit dikunjungi wisatawan domestik, berbagai di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Setiba di pantai Klayar, Anda bisa menonton dua karang dengan tinggi pohon kelapa di segi timur pantai. Karang inilah yang menjadi icon pantai Klayar Pacitan. Pada bagian belakang karang tersebut, terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan. Satu faktor yang menarik, di antara karang-karang tersebuat ada suatu karang raksasa bisa dikatakan seperti dengan tempat wisata Tanah Lot di Bali.

Hal Menarik di Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar mempunyai tak sedikit tebing dan berbagai di antaranya bolong dampak terjangan ombak, juga jejaran pohon kepala di daerah pantai. Satu faktor yang patut diingat merupakan Anda tak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang termasuk besar dan banyaknya tebing.

Di pantai Klayar, Anda bisa menjumpai suatu faktor yang unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini merupakan sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada dibagian bawah tebing alias batuan yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut, jadi air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan suara yang mengagumkan laksana suara seruling.

Sebuah faktor unik lainnya merupakan Anda bisa menjumpai patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk dampak banyaknya tebing-tebing tinggi di daerah pantai Klayar yang apabila dilihat dari kejauhan, menyuguhkan pemandangan laksana patung Sphinx. Anda pasti saja bisa menaiki tebing ini, namun telah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan mengingat tebing ini termasuk curam dan tinggi.

Jika Anda melayangkan pandangan ke arah barat dari pantai Klayar, terdapat suatu tebing karang yang lebih besar dan menjulang dengan ketinggian mencapai sampai 50 meter. Tebing karang ini merupakan salah satu perpaduan karang yang ada di daerah wisata pantai Klayar Pacitan. Pemandangan eksotis bisa Anda bayangkan laksana tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh.

Di pantai Klayar, Anda bisa menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter. Pemandangan mengagumkan ini merupakan dampak semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Anda juga bisa menyaksikan berbagai warga lokal memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan. Air ini selanjutnya akan dipakai sebagai bahan baku untuk pembuatan gula jawa. Air yang mempunyai rasa manis ini disebut “legen”, Anda bisa mencicipinya di pantai Klayar.

Di kala senja tiba, sunset di pantai Klayar Pacitan merupakan salah satu yang menawan. Sejauh mata memandang horizon, Anda akan mendapati suguhan panorama pantai yang mengagumkan dengan nuansa alamiah yang begitu kental.

Rute Perjalanan ke Pantai Klayar Pacitan

Hingga dikala ini, belum terdapat angkutan umum yang bisa mendampingi Anda ke pantai Klayar Pacitan. Cara paling terkenal ke pantai tersebut merupakan dengan mengangkat kendaraan pribadi, baik kendaraan beroda empat alias sepeda motor. Beberapa wisatawan juga memakai jasa agensi perjalanan untuk mendampingi rombongan menuju pantai Klayar ini. Perlu diketahui, dari Goa Gong Pacitan ke pantai Klayar hanyalah berjarak sejauh kurang lebih 12 km.


Jika Anda dari Jogjakarta, jadi rute paling recommended menuju pantai Klayar merupakan dengan mengambil jalan melalui Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang akan dilewati merupakan Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia

Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia

Jika Anda dari Solo, jadi arahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Pracimantoro, lalu akan tiba di pertigaan Giribelah, berbeloklah ke kanan sampai tiba di perempatan Kalak. Dari situ, Anda hanya butuh meneruskan perjalanan selagi kurang lebih 1 jam sampai tiba di Pantai Klayar. - Pantai Klayar , Pacitan Surga dunia
cara hack wifi