-->

Oleh-Oleh Khas Bungbulang Garut Selatan

Oleh-Oleh Khas Bungbulang Garut Selatan - tujuan utama hari ini ialah ke Bungbulang garut selatan. Bungbulang ialah suatu kecamatan yang terletak di Garut Selatan, populer dengan pantainya yang elok menawan dan oleh-oleh khas Bungbulang. Jika Baraya Inilah Garut berkesempatan menikmati liburan ke pantai Ranca Buaya alias Cijayana misalnya, jadi tidak lengkap apabila  tidak merasakan dan mengangkat aneka makanan khas Bungbulang sebagai oleh-oleh.

Mempertahankan cita rasa yang khas dan original, membikin oleh-oleh Bungbulang hingga dikala ini tetap tetap berproduksi, bahkan oleh-oleh Bungbulang lumayan dikenal luas, baik di wilayah Jawa Barat bahkan katanya, oleh-oleh Bungbulang pun mempunyai pasar di beberapa wilayah luar Jawa. Untuk lebih mengetahui lebih dekat , mari kita telusuri satu demi satu makanan khas Bungbulang.

Oleh-oleh Bungbulang yang lumayan populer ialah Opak dan Sale Pisang Ambon. Masih ada lagi yang telah bersahabat di pengecap masyarakat yaitu Wajit Bungbulang, Kolontong, Rangginang dan Gula Merah yang terbuat dari gula aren. Makanan khas Bungbulang alias oleh-oleh Bungbulang tidak hanya dikenal oleh masyarakat Garut saja, bahkan masyarakat di wilayah lainnya di Jawa Barat telah mengidentikkan oleh-oleh alias makanan khas Bungbulang dengan nama Bungbulang itu sendiri.

Oleh-Oleh Khas Bungbulang Garut Selatan

Tidak susah untuk menemukan oleh-oleh Bungbulang. Di hampir seluruh penjual alias toko-toko makanan khas Garut pun, terdapat aneka rupa oleh-oleh khas Bungbulang. Terlebih-lebih di bunda kota kecamatan Bungbulang, hampir semua toko menyediakan wajit, opak, sale pisang, klontong dan gula merah. Kalau Baraya Inilah Garut ingin memperoleh harga yang lebih ringan, ada baiknya eksklusif pesan ke produsennya sendiri.

Ladu Garut

Ladu ialah suatu makanan sederhana khas Kab.Garut, makanan ini terbuat dari beras ketan dan layak dicoba oleh baraya Inilah Garut. Tekstur makanan ini agak kasar dan apabila digigit kenyal mirip dodol tetapi sensasinya tidak sama dan inilah yang membikin ladu makanan tradisional khas yang pertama dipopulerkan oleh masyarakat Malangbong Garut ini sangatlah khas.

Untuk memperoleh ladu tidaklah susah, dengan banyaknya pusat oleh-oleh yang menyediakan aneka makanan khas kita dengan mudah memperoleh makanan khas yang harus kalian coba ini.

Mungkin kita sangat familier dengan dodol garut alias chocodot dan biasa menjadikanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat tercinta, nah hari ini cobalah ladu dan menjadikannya sebagai bungkusan unik untuk kita jadikan oleh-oleh sepulang kita berkunjung dan menikmati tempat wisata di Garut.

Chocodot ( Cokelat Dodol )
kota intan bukan hanya dikenal sebab mempunyai tempat wisata dengan panorama dan karakter khas alamnya yang menawan, tetapi Garut juga populer sebab kulinernya yang istimewa. Dodol Garut ialah salah satu icon masakan Garut yang sangat familiar. Dan dikala ini timbul satu lagi masakan khas Garut yang tidak jauh dari bahan dasar dodol yaitu Chocodot. Chocodot yaitu coklat berisi dodol Garut, chocodot mempunyai campuran rasa yang lain dari pada yang lain, gabungan antara tekstur dodol yang kenyal dan juga rasa cokelat yang manis.

Adalah seorang orisinil Garut bernama Kiki Gumelar. Ia melakukan inovasi-inovasi kepada dodol Garut dengan menambahkan aneka coklat di dalamnya semacam coklat hitam, coklat susu dan coklat putih. Kiki Gumelar menawarkan akibat inovasinya pada Agustus 2009 sebagai salah satu masakan baru khas Garut.

Sebagai masakan baru, Chocodot terus melakukan pengembangan-pengembangan baru semacam umpama dengan menunjukkan nama yang unik dan lucu. Coklat Anti Galau, Coklat Enteng Jodoh dan Coklat Tolak Miskin ialah nama-nama lucu yang dipasang di dalam kemasan. Chocodot juga menambahkan bermacam-macam rasa di dalamnya, baik itu rasa yang sudak lumrah hingga dianggap aneh. Uniknya lagi, disertai dengan singkatan-singkatan yang lucu dan mudah diingat semacam Brodol, Gagel, Van Java Coklat, Rangicok, hingga Dogar. Kesemuanya dibangun dengan tidak meninggalkan ciri khas Garut sebagai kota Dodol.

Jika kalian berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk mencoba aneka rasa dan rupa Chocodot yang telah kami sebutkan tadi. Anda mampu mendapatkannya di hampir seluruh toko oleh-oleh Garut alias mampu eksklusif ke gerai Chocodot di Tarogong Garut alias di Jl. Siliwangi Garut. Selamat berwisata dan selamat merasakan Chocodot

Dorokdok GarutTidak lengkap apabila ketika kalian berkunjung ke Garut, tidak merasakan satu lagi makanan khas Garut yakni kerupuk kulit dan dorokdok. Kerupuk kulit dan dorokdok ialah makanan tradisional khas Garut mempunyai rasa khas, renyah, pokoknya gak ada duanya. Kedua tipe cemilan ini hampir sejenis bedanya hanya di racikan bumbu dan bahan dasarnya. Jika kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau yang diberi bumbu ketumbar, bawang putih, kunir, asam jawa dan gula merah. Maka dorokdok terbuat dari kulit sapi opsi diolah dengan tutorial yang sama, yaitu kulit mentah direbus, dijemur menjadi kulit yang siap digoreng. Proses pengerjaannya lumayan lama, berkisar antara lima hari hingga satu minggu.

Cemilan yang renyah ini mampu dimakan sebagai pelengkap makan bakso alias dimakan begitu saja sebagai kawan dalam perjalanan alias juga mampu dimakan kapan saja. Kini beberapa rasa kerupuk kulit dan dorokdok dijajakan di beberapa toko penjual oleh-oleh Garut, semacam rasa original, manis, asin, gurih dan pedas. Kerupuk kulit dan dorokdok rasa pedas, lumayan tidak sedikit diminati.

Kemasan kerupuk kulit seberat 250 gr, dibandrol kurang lebih harga Rp.8.000,- Sedikit tidak sama dengan harga satu kemasan dorokdok seberat 250 gr yakni Rp. 12.000,-. Harga yang tetap terjangkau. “Kerupuk kulit dan dorokdok Garut, dijamin tanpa memakai bahan pengawet jadi rasanya sangat alami,” kata seorang pengrajin kerupuk kulit dan dorokdok yang telah menggeluti usahanya puluhan tahun.

Kerupuk kulit dan dorokdok Garut terdapat dalam beberapa ukuran kemasan, dengan harga bersaing. Tersedia beberapa merk yang telah sangat dikenal semacam Pada Sono, Hikmah, Pusaka, Iti Kurih. Silahkan kalian mencoba, dijamin bakal ketagihan.

Emplod ( Endog Lewo )


Emplod alias Endog Lewo ialah salah satu dari sekian tidak sedikit makanan khas yang mampu dijadikan oleh-oleh kalian sepulang dari kota intan Garut. Makanan ini ialah makanan ringan sederhana dengan rasa khas. Emplod terbuat dari tepung singkong yang diberi bumbu tradisional yang mudah didapatkan, tetapi tetap ada rahasia bumbu racikan tertentu yang membikin rasa dari endog lewo/ emplod ini terasa nikmat. Ketika kalian sekali mencoba emplod, dijamin kalian tidak akan mau berhenti untuk terus menikmati sensasi makanan khas tradisional yang satu ini.

Endog lewo alias lebih dikenal dengan nama emplod terbukti semacam namanya, ‘endog’ yang berarti telur dan ‘lewo’ ialah nama suatu tempat di Garut, tepatnya di Malangbong. Ya benar, emplod terbukti suatu makanan khas tradisional Malangbong Garut. Makanan ini mirip sekali dengan sukro tetapi ukuranya agak sedikit besar.

Pada dikala ini, cemilan cepuluh cebelas endog lewo alias emplod tidak sedikit dikembangkan oleh rekan-rekan UKM Garut dengan inovasi-inovasi barunya, baik itu inovasi rasa maupun kemasan yang meningkatkan nilai jual dan daya tarik konsumen.

Emplod sangat pas dijadikan cemilan diwaktu kalem kalian dan pastinya pas dijadikan kawan dikala kalian menjelajahi tempat wisata garut. Nah sekarang kalian tau kan apabila oleh-oleh Garut itu bukan hanya Dodol Garut, ketika kalian berkunjung ke Garut dan mencari oleh-oleh tidak hanya dodol jadi endog lewo alias emplod ini pas juga menjadi paket oleh-oleh masakan Garut untuk kalian bawa dan pulang ke rumah tercinta.

Untuk memperoleh dan membeli emplod tidak susah kok, kalian mampu menemukannya di pusat oleh-oleh yang tidak sedikit terdapat di kota intan Garut. Selain itu kalian juga mampu endapatkannya di online store alias toko online yang menjual makanan khas dari Garut.

Burayot
Burayot Kue Tradisional Khas Garut. Burayot ialah nama suatu makanan khas dari Garut. Mungkin di kalangan luar, yang sangat menonjol khas Garut ialah dodol, padahal di Garut itu sangat tidak sedikit makanan khasnya khususnya makanan khas tiap kecamatan. Burayot yang sangat dikenal oleh masyarakat Leles, Kadungora dan Wanaraja yang mempunyai rasa yang manis dan gurih jadi tidak sedikit disukai oleh tidak sedikit orang. Burayot alias ngaburayot dalam bahasa Sunda mempunyai pengertian yaitu bergelantungan. Dari namanya saja telah tentu makanan ini nyunda alias sunda banget.

Burayot ini terbuat dari bahan-bahan yang tidak susah ditemukan di tidak sedikit tempat yaitu gula merah, minyak kelapa, kacang tanah, dan tepung beras. Proses pembuatannya pun tidaklah sulit. Pertama-tama yang dilakukan untuk memprosesnya yaitu menumbuk beras merah menjadi tepung beras. Gula merah terlebih dahulu dicairkan. Sementara kacang merah digoreng tanpa minyak alias dalam bahasa sunda proses tersebut disebeut disangray. Kemudian ditumbuk hingga halus. Kacang merah dan tepung beras yang telah halus kemudian dimasukan kedalam cairan gula merah yang telah dicairkan dan didinginkan. Kemudian bahan ini dibangun adonan dengan tutorial diaduk hingga rata lalu dicetak untuk kemudian digoreng memakai wajan.

Setelah matang kemudian ditiriskan. Saat ditiriskan dari wajan, makanan ini harus diangkat dengan memakai penusuk bambu. Karena sifatnya yang lembek itulah ketika diangkat memakai penusuk bamboo jadi akan terkesan ngaburayot alias bergelantung, jadi dari itulah makanan ini disebut Burayot.

Anda yang berkunjung ke kota Garut alias masyarakat sekitar, silakan jangan lupa untuk mencoba burayot yang terdapat di tiap toko makanan khas Garut. Selain menyajikan dodol dan burayot tetap tidak sedikit makanan khas Garut yang butuh kalian coba dan tidak akan kalah rasanya yang sangat tepat dilidah. - Oleh-Oleh Khas Bungbulang Garut Selatan

cara hack wifi